halaman

Kamis, 07 Agustus 2008

LATAR BELAKANG REVOLUSI TEKNOLOGI KOMUNIKASI & RIWAYAT DAN SEJARAH PERKEMBANGAN KOMUNIKASI AWAL MANUSIA BERKOMUNIKASI


LATAR BELAKANG REVOLUSI TEKNOLOGI KOMUNIKASI
Revolusi besar dalam teknologi Indonesia diawali sejak negeri kita memiliki satelit Palapa pada tahun 1976
Sebelum ditemukannya satelit palapa, siaran televisi hanya terbatas di pulau jawa saja.
Saat ini, keadaan sudah sangat berubah, teknologi sudah menyebar ke seluruh pelosok negeri.

TAHAP-TAHAP PERUBAHAN DALAM TEKNOLOGI KOMUNIKASI
Wilbur Schramm (1988)
“...sebutan tidaklah menjadi soal. Yang penting, setiap perkembangan utam dalam komunikasi manusia telah bermula dari suatu perkembangan baru yang penting dalam teknologi komunikasi”.
Revolusi komunikasi menurut Scramm (1988)
Satu dari sekian revolusi yang terjadi di berbagai bidang kehidupan manusia yaitu :

1. Revolusi Politik
2. Revolusi Pendidikan
3. Revolusi Pertanian
4. Revolusi Industri

Alvin Tovler dalam bukunya (The Third Wave Tovler, 1980) membagi periode penting dalam sejarah umat manusia menjadi tiga gelombang yaitu:

Gelombang pertama (8000 tahun sebelum masehi-1700 SM)

Gelombang kedua (1700 SM-1970)

Gelombang ketiga (1979-2000)

RIWAYAT DAN SEJARAH PERKEMBANGAN KOMUNIKASI AWAL MANUSIA BERKOMUNIKASI

Awal pekembangan komunikasi antarmanusia adalah sama panjangnya dengan sejarah kehidupan manusia itu sendiri. Disebut begitu karena sejak manusia ada, sejak itu pula mereka saling berkomunikasi satu dengan lainnya. Berkomunikasi merupakan kebutuhan pokok dalam kehidupan manusia. Menurut Nordenstreng dan Varis (1073), ada empat titik penentu yang pertama dalam sejarah komunikasi manusia, yaitu :Perolehan bahasa, yaitu pada saat yang sama dengan lahirnya umat manusia. Dengan kemempuan berbahasalah manusia dapat berkomunikasi dengan sesamanya.Perkambangan seni tulisan berjalan dengan komunikasi lisan. Setelah manusia menentukan cara menuliskan dan alat menulis, maka komunikasi yang selama ini dilakukan dengan bicara lantas bisa dituliskan.Reproduksi kata-kata tertulis (written words) dengan menggunakan alat pencetak, sehingga memungkinkan terwujudnya komunikasi massa yang sebenarnya.Munculnya komunikasi elektronik, mulai dari telegraf, radio, TV hingga satelit.

ERA PERCETAKAN
Peningkatan diversifikiasi masyarakat dan ekspansi komunikasi yang terjadi pada akhir abad pertengahan memerlukan suatu teknik baru untuk penyampaian pesan karena jumlah pembaca yang makin bertambah. Sebelum pengetahuan dan kekuatan yang menyertainya dapat menyebar pada masyarakat, maka diperlukan suatu teknik penduplikasian pesan yang efisien. Dengan demikian, penemuan mesin cetak menandai bermulanya riwayat komunikasi massa, karena sejak itulah secara teknis menjadi mungkin untuk menyampaikan pesan yang panjang dan kompleks secara simultan ke suatu khalayak yang besar jumlahnya dan heterogen. Selain itu, percetakan juga merupakan pemerata sosial yang hebat (great social equalizer).bila tulisan telah menembus hambatan jarak dan waktu, percetakan melipatgandakan pesan pada dimensi tersebut.


INOVASI TEKNOLOGI KOMUNIKASI

Kemajuan teknologi yang kita saksikan sekarang pada dasarnya merupakan kelanjutan dari tahap-tahap perkembangan sebelumnya. Begitu cepatnya perkembangan tersebut, sehingga disebut sebagai suatu revolusi. Berbagai penemuan dan pengembangan kepentingan yang mengubah corak masyarakat menurut Martin (1977) adalah sebagai berikut.
Beberapa Temuan Penting Teknologi Telekomunikasi :
Satelit komunikasi
Stasiun bumi
satelit
Demand-assignet multi pleacces equipment
The helical wavequide
Laser
Serat optik
Large-scale integration
On-line real-time computer


RANGKUMAN

Tahap-tahap perubahan dalam perkembangan teknologi komunikasi yang biasa disebut oleh para ahli disebut denga revolusi komunikasi atau zaman baru komunikasi.Revolusi komunikasi menurut defenisi para ahli adalah satu dari sekian revolusi yang terjadi diberbagai bidang kehidupan manusia. Sehingga perkembangan ini cukup pesat. Dan kemajuan ini juga dengan secara langsung.Sebenarnya komunikasi tidaklah diajarkan karena begitu adanya manusia komunikasi sudah ada juga. Tetapi yang diajarkan adalah cara dan aturan-aturan dari berkomunikasinya.Dari awal manusia dapat berkomunikasi mulailah belajar dari tulisan dan mulai adanya percetakan. Dan dengan adanya percetakan mulai lengakplah proses perkembangan teknologi komunikasi untuk dapat menginformasikan.

Tidak ada komentar:

MAKRAB JURNAL

MAKRAB JURNAL