halaman

Minggu, 04 Juli 2010

Pesta Anti-Rasisme di worldCup 2010

Pesta Anti-Rasisme di WorldCup 2010 menyetrum keberbagai negara, apakah Indonesia kesetrum juga..??(kesetrum tarif listrik baru iaa)

Pesta Anti-Rasisme di worldCup 2010 sangat bisa dirasakan FIFA sejak memasuki era 2000'an mulai mempelajari berbagai kasus rasisme dalam sepakbola.. sepakbola merupakan olahraga milik bersama, dan bisa dimainkan oleh siapa saja dimana saja, pada WC 2002 Korea-Japan, Fifa mulai mengkampayekan aspirasi tentang anti rasisme dan saat itu didukung dari bergbagai Federasi sepakbola dipenjuru dunia, termasuk PSSI, yang saat ini membuat peraturan di pasal 59 tentang kedisplinan dan rasisme (entah saat ini aturan tersebut gimana perkembangannya). Pada tahun 2006 WC Deutschland juga sama Fifa Berparade Anti-Rasisme namun belum begitu efektif dalam segenjar kampanyenya...

Di Euro 2008, UEFA dan FIFA menyuarakan Kampanye Anti Rasisme dan Mengkampanyekan Untuk menghilangkan Rasisme diliga-liga Eropa.. Tanggapan Positifpun ditanggapi para jawara eropa seperti Inggris, Spanyol, italia, Belanda, dll... Dan di WC saat nih saat kental sekali... FIFA mulai membuat Kampanye Anti Rasis bukan hanya lewat tulis dan lisan begitu saja..

FIFA membuat suatu pesta Anti Rasis dengan membuat Advertising berbau Anti Rasis.. coba lihat Iklan Energy Drink Coca-cola company.. Iklan yang digunakan berani menggunakan model dari berkulit hitam, hal ini mensegmentasikan bahwa produk Ini di komsumsi oleh sapa aja.. sama halnya salam sepakbola. tanpa harus mengenal ras... banyak Iklan lainnya yang seperti itu.

Selain itu Lagu theme song WC kali ini menggunakan Penyanyi Top n Seksi Shakira... "waka-waka" itulah judul lagu yang menjadi cirikhas WC tahun ini.. dalam video clip ini shakira bernyanyi kolaborasi dengan penari, penyanyi dan pemusik dari Afrika, lagu waka-waka sendiri berasal dari kamerun, lagu yang sudah lama dan kembali dirilis untuk theme song World Cup 2010 ini...Semoga saja Pesta Anti Rasisme ini benar-benar menjadi kebebasan bagi mereka yang dirasiskan... haha..

Mudah-mudahan setruman Pesta Anti rasis ini menyamber n nyetrum buat persepakbolaan Indonesia.. sampai saat ini Rasisme di Indonesia masih Tinggi, beberapa klub belum ada yang terdengar menyuarakan anti rasis di Indonesia.. bahkan Kabar terakhir menyebutkan Komdis PSSI telah menjatuhkan hukuman percobaan denda sebesar 250 juta kepada beberapa tim, sebut saja Persela, Persebaya dan Persib karena para pendukung tim tersebut dinilai telah bertindak rasis (goal.com).. pada kompetisi 2009 2010 yah mudah-mudahan saja musim depan ada kampanye yang bisa didengar dan dilihat serta ditanggapi oleh masyarakat Indonesia...

"LET US KICK RACISM OUT OF FOOTBALL"

mudah-mudahan tulisan ini bisa dinikmati dan dibaca dengan baik.. kalau ada tambahan silahkan komenn y yah..

Charlie Ady Prasetyo Untuk World Cup 2010 ^^ salam Damai dan salam Olahraga. (crl)

Tidak ada komentar:

MAKRAB JURNAL

MAKRAB JURNAL